Cara Membuat Karbon Aktif


Sesuai dengan namanya karbon aktif atau yang lebih dikenal dengan arang aktif merupakan bahan berwarna hitam yang terbuat dari arang atau batok kelapa yang sudah diproses sedemikian rupa. Kiat mungkin lebih mengenal arang sebagai salah satu sumber energi yang ramah lingkungan namun lama kelamaan penggunaan arang semakin di kembangkan lagi. Bukan hanya sebagai sumber energi, tapi kini karbon aktif juga dapat digunakan untuk menjernihkan air, digunakan juga dalam bidang farmasi, katalisator dan bahkan digunakan dalam tambang emas untuk menyaring emas.

karbonaktif

Sama dengan bahan-bahan lainnya, arang atau karbon aktif pun memiliki tingkat kualitas yang berbeda-beda tergantung kepada bahan dasar yang digunakan dalam pembuatan karbon aktif dalam hal ini batok kelapa nya dan tentunya yang tidak kalah pentingnya yang juga harus di perhatikan adalah proses pembuatan nya. Jangan sampai bahan dasar yang digunakan sudah bagus namun karena proses pembuatannya salah membuat kualitas tinggi yang diharapkan pudar.

Ada 2 tahap yang perlu diperhatikan untuk membuat karbon aktif yang baik. Yaitu tahap pertama adalah membuat “tempurung” yang sudah dipilih tadi menjadi arang dengan menggunakan drum berpenutup. Tempurung yang baik yaitu tempurung dari kelapa yang akan dijadikan kopra. Dan perlu diingat untuk mendapat hasil yang baik tempurung haruslah bersih dan tentunya tidak ada sabutnya lagi. Sementara tahap yang kedua adalah tahap penggilingan tempurung yang sudah menjadi arang tadi sampai menghasilkan karbon aktif dan serbuk arang.

Karakter tempurung dan metode pembakaran sangat mempengaruhi karbon aktif yang dihasilkan. Agar memperoleh hasil yang baik drum yang akan digunakan untuk proses pembakaran diberi 4 lubang di posisi bawah. Supaya dalam proses pembakaran udara dapat masuk makas drum di ganjal dengan 3 potongan batu bata.

Proses pembakaran dilakukan lapis demi lapis. Maksudnya tempurung dibakar lapir perlapis atau berurutan. Awal membakar dapat menggunakan kertas atau daun kelapa kering yang diletakaan satu lapis di atas tempurung pada bagian bawah drum. Jika tempurung pada lapisan awal terbakar, letakkan satu persatu lapisan tempurung lainnya sedikit demi sedikit. Dan ini dilakukan hingga drum penuh.

Pada saat tempurung pada lapisan teratas mulai terbakar, batu bata tadi yang menjadi tahanan drum tadi di ambil sehingga drum langsung menyentuh tanah jadi lubang drum pun tertutup. Tutup drum rapat-rapat sehingga tidak ada udara yang masuk. Jika ada udara yang masuk maka arang akan berubah menjadi abu.

Hari berikutnya setelah drum dingin, buka tutupnya, lalu dibaringkan. Bongkar isi drum secara perlahan. Arang yang kelihatan hitam,mengkilap,utuh,keras menandakan kualitas arang aktif tersebut baik. Semoga bermanfaat…

Sumber : Dunia Kecilku

Summary
Sesuai dengan namanya karbon aktif atau yang lebih dikenal dengan arang aktif merupakan bahan berwarna hitam yang terbuat dari arang atau batok kelapa yang sudah diproses sedemikian rupa. Kiat mungkin lebih mengenal arang sebagai salah satu sumber energi yang ramah lingkungan namun lama kelamaan penggunaan arang semakin di kembangkan lagi. Bukan hanya sebagai sumber energi,…


Leave a Reply

Alexa Rank