Kegunaan Merkuri


Air raksa merupakan satu-satunya senyawa kimia logam yang berbentuk cairan. Air raksa memiliki nama lain Merkuri, Quick Silver, Air Perak, Hydrargyrum (hg), dengan nomor atom 80 dan bobot atom (BA 200,59). Merkuri banyak di gunakan pada “tambang emas”. Air raksa atau Merkuri bukan senyawa baru. Merkuri sudah ditemukan sejak abad ke 1500 SM di Mesir. Dan beberapa menyebutkan bahwa berkemungkinan pada saat itu Merkuri digunakan untuk obat dan kosmetik. Namun pada saat ini Merkuri dilarang keras digunakan pada kosmetik karena dapat menyebabkan kanker pada kulit. Selain banyak digunakan pada tambang emas merkuri juga di gunakan pada bidang kesehatan. Merkuri atau air raksa digunakan untuk pengisian termometer. Namun kini dengan alasan kesehatan dan keamanan merkuri diganti dengan termometer alkohol, digital, atau termistor.

Merkuri mempunyai sifat fisik berwarna abu-abu keperakan atau berkilau, dapat cepat mengalami penguapan pada suhu kamar tinggi maupun rendah, dan tidak berbau. Sementara sifat kimia yang dimiliki oleh Merkuri/Air raksa adalah memiliki daya hantar listrik yang tinggi, dapat larut dalam cairan polar maupun bukan polar, bersifat diagmanetik.

Kegunaan Air Raksa/Merkuri :

  • Air raksa digunakan sebagai katoda pada proses elektrolisis untuk menghasilkan soda api dan khlor.
  • Bahan pengisian thermometer, barometer, hydrometer.
  • Pembuatan Lampu Merkuri.
  • Pelapis kaca
  • Katalis pada oksidasi organic
  • Paduan penambal gigi (amalgam).
  • Bahan pembuatan baterai.
  • Pembuatan alat listrik.

Bahaya Merkuri

Walaupun merkuri memiliki banyak manfaat atau kegunaan namun merkuri juga merupakan zat kimia yang sangat berbahaya. Apabila tidak dilakukan batasan dalam penggunaan merkuri maka dapat menyebabkan kerusakan lingkungan yang parah. Apabila merkuri terkontaminasi langsung dengan kulit makan dapat menimbulkan luka bakar. Dan keracunan yang disebabkan oleh menghirup udara merkuri yang terlalu banyak juga sangat fatal akibatnya. Keracunan merkuri dapat menyebabkan kerusakan susunan saraf pusat (otak), dapat menyebabkan kerusakan hati dan ginjal bahkan dapat menyebabkan gangguan mental, kebutaan dan gangguan pada sistem reproduksi (perkembangan janin). Untuk itu perlu diperhatikan kapasitas merkuri yang akan digunakan jangan sampai menyebabkan kerusakan lingkungan apalagi sampai menyebabkan kematian pada diri sendiri dan orang lain.

Summary
Air raksa merupakan satu-satunya senyawa kimia logam yang berbentuk cairan. Air raksa memiliki nama lain Merkuri, Quick Silver, Air Perak, Hydrargyrum (hg), dengan nomor atom 80 dan bobot atom (BA 200,59). Merkuri banyak di gunakan pada "tambang emas". Air raksa atau Merkuri bukan senyawa baru. Merkuri sudah ditemukan sejak abad ke 1500 SM di Mesir.…


Leave a Reply

Alexa Rank