Sejarah Pertambangan Indonesia


tambang indonesia karbonaktif

Negeri yang satu ini tidak akan pernah habis membahas kekayaan alamnya. Kaya akan hasil pertanian, hasil laut hingga hasil tambang. Mungkin yang sering kita dengar para penjajah mengeksploitasi kekayaan alam Indonesia dengan perkebunan dan pertanian. Tapi tidak hanya dari pertanian dan perkebunan saja, penjajah juga tertarik akan hasil tambang yang dimiliki oleh negeri ini. Salah satu hasil tambang yang dilirik oleh para penjajah adalah Emas.

Berbicara sejarah pertambangan di Indonesia sangatlah panjang. Bahkan ada sebuah kutipan yaitu seberapa tua pemakaian besi dan mineral lainnya dalam kehidupan, setua itulah umur pertambangan yang dilakukan oleh rakyat. Beberapa negara yang ikut berperan dalam sejarah pertambangan di Indonesia diantaranya : Cina, Belanda, Jepang. Tiap pulau memiliki ciri khas kekayan tambang tersendiri, diantaranya :

Pulau Sumatera

Pulau sumatera atau dalam bahasa sankerta disebut Suwarnadwipa yang artinya Pulau Emas atau Suwarnabhumi yang artinya Tanah Emas. Selain itu pulau Sumatera juga dikenal sebagai Pulau Andalas. Kekayaan tambang yang terkenal dimiliki oleh pulai ini adalah batu kapur, “tambang emas”, batu bara, timah hitam. Bukan tidak mungkin masih banyak lagi tambang yang ada di setiap daerah di pulau Sumatera.

Pulau Jawa

Pulau Jawa yang dikenal juga dengan Pulau Padi atau pada zaman dahulu dikenal dengan nama JawaDwipa (Pulau Padi). Pulau Jawa juga kaya akan hasil tambang emas dan perak. Namun yang lebih terkenal adalah tambang perak nya. Kerajaan perak diperkirakan berada pada zaman kerajaan sunda kuno.

Banyak pakar yang menyebutkan bahwa pulau Jawa adalah pulau tersubur di dunia. Hal ini mungkin dikarenakan banyaknya gunung berapi aktif yang terdapat di pulau Jawa sehingga tanah Jawa menjadi sangat subur dengan kandungan nutrisi tanah yang baik untuk tanaman. Sebagian besar hasil pertanian berpusat di pulau Jawa. Ironis memang mengingat masih banyak nya rakyat mengalami kemiskinan di tengah kayanya alam Indonesia.

Kepulauan Sunda Kecil (Bali,NTB, NTT)

Lain dengan pulau-pulau ini, Bali, NTB, dan NTT, pulau ini dikenal dengan pulau wisata. Bali, siapa yang tidak kenal dengan keindahan kota Bali. Pulau kecil satu ini memiliki sejuta keindahan. Banyak turis yang tidak mengenal Indonesia tapi justru lebih mengenal pulau ini.

NTB (Nusa Tenggara Barat), selain keindahan alamnya pulau ini juga terkenal dengan hasil ternaknya berupa kuda, sapi dan kerbau. Kuda NTB sudah terkenal sampai kemancanegara sejak dahulu kala.

Pulau indah satu lagi adalah NTT (Nusa Tenggara Timur). NTB terkenal dengan fauna nya NTT terkenal dengan flora nya yaitu kayu Cendana. Cendana adalah tumbuhan asli Indonesia yang terdapat di NTT. Cendana ini juga telah diperdagangkan sejak zaman dahulu.

Pulau Kalimantan

Pulau Kalimantan atau pada zaman dahulu disebut Warunadwipa (Pulau Dewa) dikenal dengan Pulau Energi. Kekayaaan sumber energi yang dimiliki Pulau Kalimantan diantaranya : Batubara, Minyak, Gas, dan Geothermal. Kalimantan juga terkenal dengan Hutan gambut yang dapat digunakan sebagai sumber energi baik pembangkit listrik maupun pemanas pengganti batu bara. Selain itu pulau ini memiliki banyak cadangan uranium yang dapat digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga nuklir.

 Pulau Sulawesi.

Konon Sulawesi berasal dari kata Sula yang artinya Pulau dan Besi. Tidak heran karena sejak dahulu pulau ini terkenal sebagai penghasil bessi (besi). Bahkan dalam sejarah pulau ini terkenal sebagai pemasok utama besi ke Majapahit, Maluku dan lain-lain. Hingga kini pulau ini masih kaya akan bahan tambangnya seperti besi, tembaga, emas, perak, nikel, titam=nium, mangan semen, pasir besi/hitam, belerang , kaolin dan bahan galian C .

 Maluku

Lain pulau lain pula kekayaan alam yang dimilikinya. Maluku dengan nama asli Jazirah al-Mulk yang berarti kumpulan/semenanjung kerajaan yang terdiri dari kerajaan-kerajaan kecil. Oleh sebab itu Maluku dikenal dengan kawasan Seribu Pulau. Maluku juga dikenal dengan hasil rempah-rempahnya.

Summary
Negeri yang satu ini tidak akan pernah habis membahas kekayaan alamnya. Kaya akan hasil pertanian, hasil laut hingga hasil tambang. Mungkin yang sering kita dengar para penjajah mengeksploitasi kekayaan alam Indonesia dengan perkebunan dan pertanian. Tapi tidak hanya dari pertanian dan perkebunan saja, penjajah juga tertarik akan hasil tambang yang dimiliki oleh negeri ini. Salah…


Leave a Reply

Alexa Rank