Tambang Emas Papua


emas

Jika membahas tentang kekayaan yang dimiliki Indonesia tidak akan pernah ada habisnya. Semua tanah di bumi Indonesia ini adalah harta yang tak ternilai harganya. Hasil pertanian, pertambangan, perkebunan dan letak strategisnya seharusnya membuat negara ini berada di urutan teratas untuk kemakmurannya. Tapi sayangnya kita tidak bisa mengolah semuanya itu dengan baik. Demi kepentingan segelintir orang dan kurang nya kesadaran masyarakat membuat kekayaan alam yang kita miliki di nikmati oleh negara lain.

Siapa yang tidak kenal dengan tambang emas Freport di Papua. Pertambangan emas terbesar di dunia ini ternyata biaya operasionalnya termurah namun hasil yang didapatkan luar biasa banyaknya. Sayang hasilnya banyak dinikmati segelintir pejabat dan pihak-pihak luar. Mereka menikmati hidup dengan berlebihan sementara generasi-generasi berikutnya yang menanggung dampaknya karena sumber daya alam di negeri ini sudah terkuras habis.

Papua memang terkenal dengan emas nya. Freeport merupakan salah satu perusahaan tambang emas terbesar yang menduduki pengunungan emas di Papua. Gunung emas papua merupakan ladangnya uang. Emas, tembaga dan hasil tambang lainnya tersimpan di sana. Memang dari dulu kegiatan pertambangan ini kontroversial, karena di tuduh merusak lingkungan dan menguras kekayaan besar namun hanya sedikit dampak yang diberikan kepada daerah sekitar yang menderita kemiskinan. Kontroversi ini semakin meningkat dengan adanya serangkaian peristiwa berdarah yang terjadi sejak tahun 2009. Usaha pemerintah untuk mengambil alih tambang ini pun di anggap sudah terlambat. Freeport dianggap eksploitasi asing di Indonesia.

Selain tambang emas freeport ada juga salah satu tambang emas besar lainnya yaitu “tambang emas Degeuwo”. Semoga saja hasil tambang dan kekayaan alam ini dapat dikelola dan dinikmati oleh anak bangsa bukan hanya negara lain.

Summary
Jika membahas tentang kekayaan yang dimiliki Indonesia tidak akan pernah ada habisnya. Semua tanah di bumi Indonesia ini adalah harta yang tak ternilai harganya. Hasil pertanian, pertambangan, perkebunan dan letak strategisnya seharusnya membuat negara ini berada di urutan teratas untuk kemakmurannya. Tapi sayangnya kita tidak bisa mengolah semuanya itu dengan baik. Demi kepentingan segelintir orang…


Leave a Reply

Alexa Rank